2

Hukum Mad

Pengertian Mad

Menurut etimologi atau bahasa, pengertian mad adalah melebihkan atau tambahan. Menurut istilah dalam ilmu tajwid, Mad yaitu memperpanjang [memanjangkan] bacaan pada saat bertemunya dengan huruf-huruf hijaiyah yang termasuk ke dalam hukum Mad. Ini bisa dikatakan bahwasanya Hukum Mad yaitu hukum yang digunakan untk mengatur panjang / pendek suatu bacaan di dalam Al-Qur’an Al Karim.

Sebelum kita membahas lebih rinci mengenai Hukum Mad, alangkah baiknya kita mengenal lebih dahulu tentang aturan “ketukan” di dalam membaca Al-Qur’an Al Karim:

  • Panjang bacaan atau suara yang digunakan wajib rata, teratur dan rata.
  • Huruf yang berharakat fathah dan juga fathatan ( ــًـــ );  dhammah dan dhammatain ( ــٌــ ) ; kasrah dan juga kasratain ( ـــٍـــ ) harus dibaca 1 harakat (ketukan) atau 1/2 alif
  • Huruf hijaiyah yang terdapat Hukum Izharnya haruslah dibaca 1 harakat [ketukan]
  • Huruf yang terdapat [mengandung] dengung [ghunnah] seperti Iqlab, Idgham Bighunnah, Ikhfa dibacanya adalah antara 1 alif sampai dengan 1 1/2 alif atau kurang lebih sekitar 2 sampai  3 harakat [ketukan]
  • Huruf yang ber-tasydid cara membacanya adalah dengan 2 harakat [ 1 alif].

Dalam aturan hukum Mad, apabila harus dua harakat [ketukan], maka itu wajib dibaca 2 harakat dengan secara merrata, teratur dan juga tetap. Apabila terdapat 6 harakat maka itu wajib dibaca juga dengan 6 harakat.
Apabila dalam aturannya seharusnya dibaca 6 harakat, akan tetapi hanya dibaca  dengan 2 harakat dan hal tersebut menjadikan terjadinya perubahan atau pada kata atau kalimat tersebut, maka hukum dari bacaan tersebut yaitu haram.

Jenis-Jenis Mad

Hukum MAD terbagai menjadi  2 cabang, yaitu :




  1. Mad Far’i
  2. Mad Thobi’i (Mad Ashli)

Mad Far’i dibagi lagi jadi 11 cabang yaitu:

  1. Mad Jaiz Munfashil
  2. Mad Wajib Mutthashil
  3. Mad Badal
  4. Mad Arid Lissukun
  5. Mad Tamkin
  6. Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal
  7. Mad Lazim Kilmi Mukhaffat
  8. Mad Lin / Mad Layin
  9. Mad Iwadh Anit Tanwin
  10. Mad Lazim Harfi Mutsaqqal
  11. Mad Lazim Harfi Mukhaffat

 

Contoh-contoh dari Hukum Mad diatas kami ambil dari surat-surat pendek juz 'amma dan juga beberapa surat dalam Al Qur'an supaya kita semua dengan mudah mempelajari tentang Hukum Nun Mati dan Tanwin khususnya Mad. Dalam mempelajari ilmu tajwid anda harus sering membaca dan memperhatikan satu-persatu hurufnya dengan tertib dan teliti, dibiasakan untuk membaca dengan tartil supaya anda dapat sesikit-sedikit memperbaiki bacaan anda. Bisa karena Biasa, dan Biasa yaa harus sedikit dipaksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *