6

Hukum Mad Lin atau Mad Layyin

Pengertian Mad Lin atau Mad Layyin

Mad Lin atau Mad Layyin  adalah merupakan satu dari 13 bagian dari hukum Mad Far’i.  Kata kunci untuk mengingat dan memahami Hukum Mad Lin yaitu huruf Ya dan Waw, dan ini hampir [bahkan] sama dengan huruf dari Hukum Mad Thobi’i, akan tetapi yang menjadikan beda yaitu tanda baris [harakat], dan Hukum dari Mad Lin tak berlaku bagi huruf hijaiyah Alif.

  • Lin berarti lembut / lunak

Mad Lin ini sangat berguna ketika bacaan berhenti [waqof] di tanda berhenti [wakof] pada ujung ayat [ usul-ayah / اوس الاية  ] dan hukum inipun juga berlaku walaupun ketika Anda ingin berhenti [waqof] di tengah-tengah ayat dikarenakan terpaksa [ Waqof Idhthirari / وقف اضطرارى  ]. Sama halnya seperti pada Hukum Mad Arid Lissukun,  membuat keputusan untuk menghentikan bacaan Al Qur’an di tengah ayat ketika bertemu dengan huruf Mad Lin, bukanlah termasuk wakof yang jelek  bila hal  merusak makna [ Waqof Qobih /  وقف قبيح ]. Insya Alloh hal ini akan kami dijelaskan pada saat materi tentang pembagian Wakof.
Hukum Mad Lin terjadi ketika ada huruf berharokat Fathah ( ــــــــــــــــــَــــــــــــ  ) ketemu dengan huruf hijiayah Waw Sukun /mati [ وْ  ] atau Ya Sukun /mati (  يْ  ), dan ini berada di dalam satu kata [kalimat] dengan satu huruf sesudahnya. Maksudnya adalah apabila ada lebih dari satu huruf sesudahnya, maka taj terjadi hukum bacaab Mad Lin.

Cara membaca Mad Lin atau Mad Layyin

Cara membaca Mad Lin atau Mad Layyin adalah dengan cara membaca huruf berharokat Fathah lebih dulu, kemudian langsung di sambung dengan huruf Waw sukun ataupun Ya sukun dengan caa dibaca panjang, sesudah itu dikunci menggunakan huruf hijaiyah setelahnya.

Panjang bacaan dari Mad Lin boleh 2 harakat [1 alif], 4 harakat [2 alif], atau 6 harakat [3 alif] (pilihlah salah satu), dan ini tetap berlaku seperti dalam penjelasan tentang bacaan hukum Mad, bahwasanya panjang bacaannya wajib konsisten (tetap, rata, dan teratur).




Contoh Hukum Mad Lin atau Mad Layyin

Contoh Mad Lin atau Mad Layying Waw Sukun [وْ]

مَوْتِ

tulisannya mauti, tetapi karena waqof dibaca mauuuuuut

خَوْفٌ

tulisannya khoufun, tetapi karena waqof dibaca khouuuuuuf

Contoh Mad Lin atau Mad Layying Ya Sukun [يْ]

 

هَذاَ الْبَيْتِ

tulisannya hadzal baiti, tetapi karena waqof dibaca hadzal baiiiiiit

اِلَيْهِ

tulisannya ilaihi, tetapi karena waqof dibaca ilaiiiiiih

Contoh Hukum Mad Lin atau Mad Layyin Dalam Al Qur’an

Surat Ar-Rohman Ayat 17

surat arrohman ayat 17

Surat Al Quraysh Ayat 4

surat al quraysh ayat 4

Surat Ali Imran Ayat 104

surat ali imran ayat 104

Pada surat ali imran ayat 104 diatas, di kata wayanhauuuuuun terpaksa berhenti di tengah ayat, karena nafas yang tidak kuat, akan tetapi di wayanhauna kedua tidak dibaca panjang, karena tidak waqof [berhenti].

Contoh-contoh dari Hukum Mad Lin atau Mad Layyin diatas kami ambil dari surat-surat pendek juz 'amma dan juga beberapa surat dalam Al Qur'an supaya kita semua dengan mudah mempelajari tentang Hukum Mad khususnya Mad Lin atau Mad Layyin. Dalam mempelajari ilmu tajwid anda harus sering membaca dan memperhatikan satu-persatu hurufnya dengan tertib dan teliti, dibiasakan untuk membaca dengan tartil supaya anda dapat sesikit-sedikit memperbaiki bacaan anda. Bisa karena Biasa, dan Biasa yaa harus sedikit dipaksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *