1

Hukum Mad Lazim Muthawwal atau Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal

Pengertian Mad Lazim Muthawwal  atau Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal

Mad Lazim Muthawwal  atau Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal adalah satu dari 13 bagian dari Hukum Mad Far’i. Sebagaimana hukum-hukum Mad Far’i yang lain, kunci utama dalam memahami Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal yaitu hukum Mad Thobi’i.

  • Lazim maknanya adalah pasti / wajib
  • Kilmi / kalimi maknanya adalah perkataan; mad ini terjadi sebab berada dalam suatu kata / perkataan
  • Mutsaqqal maknanya adalah diberatkan; berat dalam cara mengucapkannya
  • Sedangkan Muthawwal maknanya adalah dipanjangkan

Hukum Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal terjadi ketika ada huruf dari Mad Thobi’iــــــَــــــ ا ; يْ ـــــــِــــــ ; وْ ـــــــُـــــــ ) ketemu dengan huruf hijaiyah yang bertasydid  ( ــــــــــــّــــــــ   ).

Tanda baca tasydid yang dimaksud dalam pembahasa untuk hukum Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal ini adalah Tasydid Ashli, dan bukanlah Tasydid Hukum. Apabila Anda masih kebingungan dengan pengertian dan maksud dari Tasydid Ashli dan Tasydid Hukum, silahkan Anda baca mengenai pengertian Tanda Tasydid <— (Silahkan di klik)

Cara Membaca Mad Lazim Muthawwal  atau Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal

Panjang bacaan dari Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal yaitu harus 3 alif atau 6 harakat (tidak bisa ditawar lagi), ini mirip dengan hukum Mad Wajib Muttashil. Dua hukum ini mempunyai tanda (simbol) berupa garis lengkung yang tebal seperti sebuah gambar pedang. tanda Mad Lazim Muthawwal




Tanda [symbol] “Pedang” dalam Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal ini berada di atas – antara Huruf hijaiyah Mad Thobi’i dan huruf yang bertasydid.

Cara membaca Mad Lazim Muthawwal adalan dengan terlebih dulu membaca dengan dipanjangkan huruf hijaiyah Mad Thobi’i sekitar  3 alif [ 6 harakat], dan kemudian masuk ke dalam huruf yang bertasydid.

Contoh Mad Lazim Muthawwal  atau Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal

contoh Mad Lazim Muthawwal

Contoh Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal bertemu dengan Ghunnah Musyaddadah

Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal bertemu dengan Ghunnah Musyaddadah

Contoh Mad Lazim Muthawwal  atau Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal Dalam Al Qur’an

Surat Al Fatihah Ayat 7

surat alfatihah 7

Surat Ar Rohman Ayat 39

arrohman 39

Contoh-contoh dari Hukum Mad Lazim Muthawwal atau Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal diatas kami ambil dari surat-surat pendek juz 'amma dan juga beberapa surat dalam Al Qur'an supaya kita semua dengan mudah mempelajari tentang Hukum Mad khususnya Mad Lazim Muthawwal atau Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal. Dalam mempelajari ilmu tajwid anda harus sering membaca dan memperhatikan satu-persatu hurufnya dengan tertib dan teliti, dibiasakan untuk membaca dengan tartil supaya anda dapat sesikit-sedikit memperbaiki bacaan anda. Bisa karena Biasa, dan Biasa yaa harus sedikit dipaksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *