5

Hukum Mad Badal

Pengertian Mad Badal

Mad Badal adalah merupakan satu dari 13 bagian dari Mad Far’i yang pada pertemuan huruf-hurufnya sama dengan huruf pada Mad Thobi’i, dan ini sering sekali dikira sebagai hukum dari Mad Thobi’i.

Sebelumnya sempat disinggung juga dalam pembahasan tentang hukum Mad Jaiz Munfashil bahwanya huruf hijaiyah ALIF yang terdapat di mushaf Al Qur’an standar Indonesia mempunyai  banyak nama [istilah]. Dan salah satu contohnya yaitu Alif disebut sebagai hukum dari Mad Badal.

Untuk memudahkan kita dalam mengingat dan memahami hukum Mad Badal yaitu dengan paham dahulu tentang hukum dari Mad Thobi’i, sesudah itu paham, maka jika ada huruf Alif maka hukumnya bukan Mad Thobi’I, tetapi Mad Badal.

Panjang Mad Badal

Mengenai berapakah panjang bacaan dari Mad Badal ini, terdapat sedikit perbedaan antara Imam Warsyih dan Qira’at Imam Hafhs, seperti penjelasan di bawah ini.




Alif yang berfungsi sebagai Hukum dari Mad Badal yang berlaku untuk mushaf standar Indonesia adalah :

huruf mad badal indonesia

Sedangkan pada Mushaf Al Qur’an keluaran Timur Tengah [Arab Saudi] tak ada huruf hijiayah seperti yang terdapat pada gambar di atas tersebut.

Bandingkanlah dengan gambar seperti yang di bawah ini dan ini adalah huruf Mad Badal yang terdapat di mushaf  Al Qur’an versi Timur Tengah.

huruf mad badal versi timur tengah

Apabila kita lihat dari bentuk huruf hijaiyah di mushaf Al Qur’an keluaran Timur Tengah, maka yang dimaksud dengan Mad Badal sesungguhnya yaitu huruf hijaiyah Hamzah atau huruf hijaiyah Hamzah-Alif atau bisa disebut sebagai pergantian dua buah huruf hamzah yang ketemu [ berada di dalam satu kata].

Pada awalnya, mushaf Al Qur’an standar Indonesia masih memakai huruf hijaiyah Hamzah-Alif  ( إ ), akan tetapi untuk saat ini telah distandarisasikan jadi huruf Alif. Nah hal ini menjadikan kesamaan antara huruf hijaiyah Alif sebagai sebuah huruf yang berharakat [fathah, kasrah, dhammah], Alif yang berfungsi sebagai hokum dari Mad Badal, dan juga huruf Alif yang berfungsi sebagai pembentuk dari hukum Mad [panjang bacaan], serta huruf Alif yang berfungsi sebagai washal [penghubung kata/kalimat dalam Al Qur’an].

Dari perbedaan-perbedaan dia tas, adalah sesuatu yang tidak mengherankan, apabila ada yang menganggap dan juga mengatakan bahwasanya huruf Alif di dalam hukum Mad Badal di Negara Indonesia ini sama dengan huruf hijaiyah Hamzah di Negara Arab Saudi.

ا = ء

Pengertian Detail Mad Badal

  • Badal maknanya adalah ganti

Arti kata “ganti” disini  adalah merujuk kepada rumusan tajwid yang ada pada mushaf Al Qur’an terbitan Timur Tengah.

Mad Badal yaitu memperpanjang [perpanjangan] suara di huruf hijaiyah Hamzah, sebagai pengganti [badal] untuk huruf hijaiyah Hamzah yang sengaja dihilangkan, yaitu :

  • Memperpanjang bacaan pada huruf hijaiyah Hamzah berharokat Fatha ketika ketemu dengan huruf hijaiyah Hamzah Sukun ( ءَا ) yang asalnya adalah  ءَأ ;
  • Memperpanjang bacaan pada huruf Hamzah yang berharokat Kasrah ketika ketemu dengan huruf hijaiyah Ya Sukun ( إِي )  yang asal  mulanya adalah huruf  إِئ ;
  • Memperpanjang bacaan pada huruf Hamzah yang berharokat Dhammah ketika ketemu dengan huruf hijaiyah Waw Sukun ( أُو )  yang asal mulanya adalah huruf hijaiyah أُؤ

Sedikit mengenali huruf hijaiyah untuk Mad Badal di mushaf  Al Quran versi Timur Tengah

  • Mad Badal berharokat Fatha =  ءَا
  • Mad Badal berharokat Kasrah =  إِي
  • Mad Badal berharokat Dhammah =  أُو

UNTUK MUSHAF STANDAR INDONESIA

Kunci utama untuk mengingat dan memahami hukum Mad Badal yaitu dengan cara memahami detail dari hukum Mad Thobi’i.

Apabila telah memahaminya, maka yang dikecualikan yaitu huruf Alif.

  • huruf Alif yang mempunyai harokat Fat’ha ( ــــَــ )  ketemu dengan huruf hijaiyah Alif  ( ا ) [ huruf Alif kecil yang berada di atas huruf Alif]
  • huruf Alif yang mempunyai harokat Kasrah ( ـــــِـــ ) ketemu dengan huruf Ya disukun ( يْ ) [ huruf hijaiyah Alif kecil yang berada di bawah huruf hijaiyah Alif];
  • dan Alif yang mempunyai harokat Dhammah ( ـــــــُــــــ ) ketemu dengan huruf hijaiyah Waw sukun ( وْ ) / [ huruf Waw kecil yang terbalik (mirip dengan angka 6) yang berada di atas huruf Alif];

mad badal versi indonesia

Contoh Mad Badal

contoh mad badal indonesia 1

aaniyatin

contoh mad badal indonesia 2

iilaafihim

contoh mad badal indonesia 3

minal uulaa

Contoh Mad Badal Dalam Al Qur’an

Surat Al Ghasiyah Ayat 5

surat al ghosiyah ayat 5

Surat Al Ghasiyah Ayat 5

surat al quraysh ayat 2

Surat Adl-Dluha Ayat : 4

surat ad dluha ayat 4

Bagaimana apabila pada mushaf Al Qur’an standar Indonesia ada huruf Alif yang tanpa harakat berada di belakang huruf hijaiyah Hamzah ataupun bentuknya sama dengan tanda-tanda pada Mad Badal di mushaf Al Qur’an versi Timur Tengah  [ ءَا ] …  ?

PENTING !!!

Mushaf AL Qur’an standar Indonesia sudah tidak lagi memakai huruf hijaiyah Hamzah-Alif khusus untuk  hukum dari Mad Badal.

Ketika  terdapat bertemunya huruf hijaiyah Hamzah yang mempunyai harakat Fathah dengan huruf Alif yang tidak ada barisnya  –  yang bentuknya sama dengan hukum dari Mad Badal di mushaf Al Timur Tengah –> [ ءَا ] ) , maka huruf Alif tersebut bukanlah huruf Alif sebagai hukum Mad [tak dibaca panjang], tetapi Alif tersebut  adalah sebagai Hamzah Washal ( dan nanti Insya Allah akan kami bahas di ilmutajwid.xyz). Contoh:

sual adabi

bersambung

Contoh-contoh dari Hukum Mad Badal diatas kami ambil dari surat-surat pendek juz 'amma dan juga beberapa surat dalam Al Qur'an supaya kita semua dengan mudah mempelajari tentang Hukum Mad khususnya Mad Badal. Dalam mempelajari ilmu tajwid anda harus sering membaca dan memperhatikan satu-persatu hurufnya dengan tertib dan teliti, dibiasakan untuk membaca dengan tartil supaya anda dapat sesikit-sedikit memperbaiki bacaan anda. Bisa karena Biasa, dan Biasa yaa harus sedikit dipaksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *