3

Hukum Idzhar Syafawi

Pengertian Idzhar Syafawi

Idzhar Syafawi yaitu bagian dari ilmu tajwid yang terjadi ketika huruf hijaiyah Mim Sukun ( مْ ) ketemu dengan seluruh huruf hijaiyah, selain huruf hijaiyah Mim dan huruf hijaiyah Ba.

  • Idzhar berarti terang [jelas] atau tak berdengung
  • Syafawi berarti bibir; sebab huruf hijaiyah Mim makhrajul hurufnya yaitu bertemunya bibir di bagian bawah dan bibir di bagian atas.

Dalam istilah yang ada di dalam ilmu tajwid, Idzhar Syafawi yaitu melafalkan huruf-huruf hijiayah yang ketemu dengan huruf Mim Sukun dengan terang dan jelas, dan ini tidak disertai dengan berdengung [ghunnah]. Dan dalam  Idzhar Syafawi bisa terjadi dalam satu kalimat [kata], ataupun di luar kalimat [kata] yang terpisah.

Kunci utama untuk mengingat huruf-huruf hijaiyah di dalam Hukum Idzhar Syafawi yaitu cukup dengan mengetahui hukum Idgham Mitslain dan Ikhfa Syafawi.

hukum mim mati




Contoh Idzhar Syafawi

هُمْ نَائِمُوْنَ

= hum naaaaaimuuna

قُلْ نَعَمْ وَاَنْتُمْ

= qul na‘am wa antum

اَنْتُمْ دَاخِرُوْنَ

= antum daakhiruuna

اَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ

= am lam tundzirhum

يَمْكُرُوْنَ

= yamkuruuna

اَمْهَلْهُمْ رُوَيْدًا

= amhilhum ruwaidan

Contoh Idzhar Syafawi Dalam Al Qur’an

Dalam Al Qur’an ada banyak sekali terdapat hukum ini, di antaranya adalah :

Surat Al Fatihah Ayat 2

surat al fatihah ayat 2

Surat Al Fatihah Ayat 7

surat al fatihah ayat 7

Surat Al Ikhlas Ayat 3

surat al ikhlas ayat 3

Surat Al Ikhlas Ayat 4

surat al ikhlas ayat 4

Contoh-contoh dari Hukum Idzhar Syafawi diatas kami ambil dari surat-surat pendek juz 'amma dan juga beberapa surat dalam Al Qur'an supaya kita semua dengan mudah mempelajari tentang Hukum Mim Mati khususnya Idzhar Syafawi. Dalam mempelajari ilmu tajwid anda harus sering membaca dan memperhatikan satu-persatu hurufnya dengan tertib dan teliti, dibiasakan untuk membaca dengan tartil supaya anda dapat sesikit-sedikit memperbaiki bacaan anda. Bisa karena Biasa, dan Biasa yaa harus sedikit dipaksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *