1

Hukum Idgham Mitslain atau Idgham Mimi

Pengertian Idgham Mitslain atau Idgham Mimi

Idgham Mitslain atau Idgham Mimi merupakan hukum tajwid yang terjadi khusus untuk huruf hijaiyah Mim Sukun ( مْ ) ketemu dengan huruf hijaiyah Mim yang mempunyai harakat [ مَ  مِ , مُ ]. Disebut dengan Mitslain sebab terjadinya sebiaj pertemuan dua huruf hijaiyah yang makhraj dan juga sifatnya adalah sama persis [identik], tetapi khusus bagi huruf hijaiyah Mim Sukun yang ketemu huruf Mim yang mempunyai harakat.  Dan selain dari huruf hijaiyah Mim tersebut di atas, maka hukum yang berlaku bagi pertemuan 2 [dua] huruf yang sama yaitu huruf sukun dan huruf berharakat yaitu Hukum Mad Tamkin dan Hukum Idgham Mutamasilain.

Dinamai dengan Idgham sebab cara untuk membacanya yaitu dengan cara meleburkan [menggabungkan] satu huruf hijaiyah ke dalam huruf hijaiyah sesudahnya, atau istlah lainnya adalah dengan di-tasydid-kan.

Cara Membaca Idgham Mitslain atau Idgham Mimi

Hukum daro Idgham Mitslain adalah dibaca dengan mendengung [makhraj huruf hijaiyah mim-nya jelas dan mengalun] kurang lebih sekitar 2 – 3 harakat [1 Alif hingga 1 1/2 alif]

Di dalam Al-Quran Al Kariim ayat yang mengandung hukum Idgham Mitslain telah ada tanda tasydidnya. Tasydid Idgham Mitslain merupakan Tasydid Hukum, yaitu sebuah tanda tasydid yang ada dan diberikan sebab terjadinya suatu hukum peleburan atau pertemuan.




Contoh Idgham Mitslain atau Idgham Mimi

لَهُمْ مَايَتَقُوْنَ

= lahummmmaa yattaquuna

هُمْ مَااِنْفَقُوْا

= hummmmaa infaquu

لَكُمْ مَا سَاَلْتُمْ

= lakummmmaa saaltakum

كُنْتُمْ مُسْلِمِيْنَ

= kunnngtummmmusliina

Contoh Idgham Mitslain atau Idgham Mimi dalam Al Qur’an

Surat Al Quraisy Ayat 4

surat al qurays ayat 4

Surat Al Qodr Ayat 4

surat al qodr ayat 4

Hukum Idgham Mitslain ini hanyalah berlaku ketika huruf hijaiyah Mim Sukun ketemu dengan huruf hijaiyah Mim yang Berharakat.  Bila huruf hijaiyah Mim Sukun tersebut belum ketemu dengan huruf Mim yang Berharakat, maka wajib dibaca dengan hukum Izhar, atau  tak berdengung.

Seperti contoh Surat Al Qodr ayat 4 di atas yang pertama, karena waqof [berhenti] di kata robbihim, maka tidak di baca dengung. Di contoh kedua, karena tidak waqof, maka … robbihimmmminng kulli amr.

Persamaan Idgham Mitslain atau Idgham Mimi dan Idgham Bighunnah

Idgham Mitslain atau Idgham Mimi dan Idgham Bighunnah merupakan dua buah hukum tajwid yang berbeda, akan tetapi keduanya mempunyai kesamaan men-tasydid-kan huruf hijaiyah Mim.

  • Hukum Idgham Bighunnah: Bila ada Nun Sukun ataupun Tanwin ketemu dengan huruf Hijaiyah Mim yang berharakat.
  • Hukum Idgham Mitslain; bila ada Mim Sukun ketemu dengan huruf hijaiyah Mim yang berharakat.

Lihatlah contoh Surat Al Qolam Ayat 46 di bawah ini

surat al qolam ayat 46

Dari contoh bacaan Surat AL Qolam Ayat 46 di atas, yang berwarna merah adalah contoh hukum Idgham Mitslain, sedangkan yang berwarna hijau adalah contoh dari idghom bighunnah, bacaannya sama persis, meskipun hurufnya pertemuan hurufnyaa berbeda.

Perbedaan Idgham Mitslain atau Idgham Mimi dan Idgham Mutamatsilain

Idgham Mitslain sering juga disebut dengan nama penambahan kata Shaghir – ;sehingga menjadi Idgham Mitslain Shaghir.

  • Shaghir maksudnya adalah  2 [dua] huruf hijaiyah yang makhrajnya berdekatan /sama akan tetapi berbeda sifatnya; huruf hijaiyah yang awal adalah bersukun, sedangkan huruf yang ke dua adalah huruf yang berharakat.
  • Kebalikan dari shaghir adalah Kabir, maknanya adalah 2 [dua] huruf hijaiyah yang sama  makhraj dan sifatnyanya, dan kedua huruf-huruf tersebut sama-sama mempunyai harakat.

Dengan penambahan Shaghir tersebut, hal ini menyebabkan Hukum Idgham Mitslain seringkali dianggap serupa [sama] dengan Idgham Mutamasilain. Meskipun dilihat dari cara membacanya,  kedua hukum tersebut jelaslah berbeda.

  • Idgham Mitslain ini  dibaca cara mendengung
  • Sedang Idgham Mutamasilain dibacanya dengan izhar, yaitu dengan jelas atau tidak dengan didengungkan.

Contoh-contoh dari Hukum Idgham Mitslain atau Idgham Mimi diatas kami ambil dari surat-surat pendek juz 'amma dan juga beberapa surat dalam Al Qur'an supaya kita semua dengan mudah mempelajari tentang Hukum Mim Mati khususnya Idgham Mitslain atau Idgham Mimi. Dalam mempelajari ilmu tajwid anda harus sering membaca dan memperhatikan satu-persatu hurufnya dengan tertib dan teliti, dibiasakan untuk membaca dengan tartil supaya anda dapat sesikit-sedikit memperbaiki bacaan anda. Bisa karena Biasa, dan Biasa yaa harus sedikit dipaksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *